tidak bisa mengangkat lengan

Tidak Bisa Mengangkat Lengan Akibat Frozen Shoulder, Lakukan Gerakan Ini

Tidak bisa mengangkat lengan saat ingin meraih benda di tempat tinggi, tidak bisa menyisir, dan lainnya dapat disebabkan oleh frozen shoulder.

Frozen shoulder atau adhesive capsulitis bisa dialami oleh siapa saja dan bila tidak segera ditangani, nyeri pada bahu dapat memburuk.

Salah satu penanganannya adalah dengan menghentikan gerakan yang memicu timbulnya nyeri pada bahu dan melakukan terapi latihan yang akan disusun oleh dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi yang akan disesuaikan dengan kondisi pasien masing-masing.

Tidak Bisa Mengangkat Lengan Akibat Frozen Shoulder

Frozen shoulder dapat menimbulkan:

Nyeri dan kaku bahu. Nyeri pada bahu dan lengan secara berangsur dapat bertambah berat dan kadang tidak dapat tidur/berbaring pada sisi yang nyeri. Setelah nyeri berkurang, kekakuan bisa terjadi,

-Keterbatasan lingkup gerak sendi (LGS). Anda tidak bisa mengangkat lengan saat ingin menyisir, memasang bra, bahkan tidak bisa mengambil benda yang berada di tempat agak tinggi.

-Kekuatan otot menurun dan gangguan aktivitas

Dikatakan frozen shoulder apabila selama pemeriksaan menunjukkan adanya keterbatasan gerak yang cukup signifikan baik oleh pasien sendiri atau oleh dokter saat melakukan pemeriksaan fisik.

Lakukan Gerakan Ini

Untuk membantu mengatasi nyeri, berikan kompres hangat pada area yang terasa nyeri.

Kemudian bisa melakukan beberapa gerakan berikut ini atas rekomendasi dokter.

Ingat lakukan secara perlahan dan lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Pendulum

pendulum

pendulum

Posisikan lengan seperti menggantung kemudian ayunkan membentuk lingkaran. Lakukan gerakan melingkar ini sebanyak 10 kali. Diameter lingkaran dapat semakin besar bila nyeri ada perbaikan. Hentikan bila timbul nyeri.

Towel stretch

towel stretch

towel stretch

 

Pegang handuk kecil dengan kedua tangan di belakang punggung. Tarik handuk secara perlahan dengan tangan yang sehat. Lakukan sebanyak 10-20 kali setiap hari. Hentikan bila timbul nyeri.

Finger walk

finger walking

finger walking

Berdiri menghadap tembok dan gerakkan dua jari Anda ke atas seperti menyusuri atau merambat naik tembok. Usahakan setinggi mungkin hingga lengan atas dapat menempel dengan tembok atau semampu Anda. Lakukan 1-3 kali sehari. Yang bekerja melakukan gerakan ini adalah jari Anda bukan bahu.

Cross-body reach

crossbody

crossbody

 

Gerakan ini bisa dengan posisi berdiri atau duduk. Tarik siku yang  sakit secara perlahan dengan lengan yang sehat dan tahan peregangan tersebut selama 15-20 detik, lakukan berulang 10 kali per hari.

Armpit stretch

Lengan yang sakit diletakkan di atas meja kira-kira setinggi dada. Kemudian tekuk dan luruskan lutut. Rasakan peregangan di area ketiak. Lakukan gerakan ini secara perlahan, dan 10-20 kali sehari sesuai kemampuan.

Jangan biarkan nyeri frozen shoulder ini menyiksa Anda atau membiarkan begitu lama sehingga aktivitas Anda menjadi terganggu. Frozen shoulder bisa memburuk bila tidak ditangani dengan baik. Segera luangkan waktu untuk berkonsultasi dengan   tim dokter kami di Lamina Rehab.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34B Kel. Kalibata, Kec. Pancoran Jakarta Selatan, 12740

Lamina Call Now

Call Now

021 7919 6999

Lamina Email Now

Email Now

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini