Terapi Rehabilitasi Medik yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

JAKARTA — Pada penanganan cedera atau pasca tindakan medis, ada kalanya dokter akan merekomendasikan terapi rehabilitasi medik untuk mempercepat proses penyembuhan. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut untuk mengembalikan fleksibilitas, memperluas ruang gerak dan mengembalikan mobilitas khususnya pada bagian tubuh yang terdampak cedera atau menjalani tindakan medis.

Di Klinik Lamina Pain and Spine Center, rehabilitasi medik dilakukan oleh para terapis yang kompeten di bidangnya. Bersama dengan Dr. Sri Wahyuni, Sp KFR, Anda bisa mendapatkan banyak informasi seputar rehabilitasi medik dengan jam praktek pukul 11.00 – sampai dengan selesai setiap hari Senin sampai dengan selesai, sesuai dengan perjanjian.

KAPAN HARUS MENEMUI FISIOTERAPIS

Seorang terapis fisik dipandu oleh seorang dokter, untuk mengembalikan kekuatan dan mobilitas yang mungkin berkurang karena cedera atau tindakan medis. Dengan terapi rehabilitasi fisik banyak nyeri kronik dan akut, seperti nyeri punggung, keseleo dan terkilir serta osteoarthritis bisa diatasi.

Seiring pertambahan usia seseorang, dengan rehabilitasi medis pasien bisa mendapatkan dan meningkatkan kembali fleksibilitas dan mobilitas tubuhnya dengan cara berbagai latihan untuk mencegah jatuh, patah tulang, dan masalah umum lain yang berkaitan dengan proses penuaan. Termasuk masalah postur yang buruk dan ketidakseimbangan.

Sementara untuk mereka yang ingin mengejar prestasi seperti atlit misalnya, biasanya ada pula latihan kekuatan, kelincahan dan berbagai latihan kebugaran fisik.

BAGAIMANA PASIEN MEMILIH TERAPI FISIK

Pasien bisa memilih terapis fiisk yang baik dan mumpuni dengan mempertimbangkan bagaimana para dokter dan terapis akan memperlakukan Anda dan kondisi khusus Anda. Misalnya:

1. Asuransi
Apakah layanan yang akan Anda dapatkan sudah dapat di-cover dengan asuransi kesehatan Anda. Jika belum bersediakah Anda untuk membayar secara tunai layanan tersebut. Atau adakah cara lain untuk melakukan pembayaran atas tindakan yang dilakukan.

2. Kelengkapan fasilitas
Klinik yang besar seperti Lamina Pain and Spine Center dipastikan memiliki spesialis yang bisa menangangi cedera atau kondisi khusus Anda. Jika klinik memiliki berbagai spesialis, mereka akan bisa berkolaborasi untuk memberikan penanganan paripurna demi kesempuran sempurna pasien.

PELATIHAN DAN KOMPETENSI

Tanyakan pada penyelenggara fasilitas terapi fisik tentang fasilitas apa saja yang mereka miliki. Berapa lama mereka telah berada di bisnis ini berapa banyak pengalaman mereka. Berapa banyak jumlah staf dan terapi yang memiliki kompetensi untuk melakukan terapi khususnya untuk menangani masalah dan cedera yang Anda alami.

Periksa kembali apakah mereka memang memiliki kualitas untuk menangani masalah cedera ditangan, tulang belakang dan lutut. Berlatih bersama terapis yang berkualitas akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil terbaik meski dalam jangka waktu yang singkat.

Pastikan bahwa terapis yang mendampingi Anda benar-benar terlatih dan kompeten. Tak masalah jika Anda ingin bertanya dan diperlihatkan sertifikat dan lisensi mereka sebagai terapis. Anda harus berhati-hati karena ada beberapa tempat yang menempatkan terapis mereka di jajaran depan saat mengevaluasi kondisi Anda, tapi saat menjalani terapi kemungkinan Anda hanya ditangani oleh ‘teknisi’ yang mungkin tak punya kompetensi di bidang rehabilitasi.

Umumnya, secara khusus setiap terapis dan staf pendukung harus terus menerus mendapatkan pendidikan dan pelatihan tentang berbagai penanganan dan tindakan paling mutakhir tentang rehabilitasi.

MENGUNJUNGI KLINIK ATAU FASILITAS

Sebelum melakukan tindakan dan latihan untuk terapi Anda, ada baiknya Anda sempatkan mengunjungi fasilitas atau klinik tersebut. Lihat berapa banyak pasien yang mengantri dan apakah ruang parkir memang cukup besar. Klinik yang terlihat cukup sibuk dengan jumlah pasien, adalah indikator yang baik bahwa fasiltas itu memiliki reputasi yang dihormati.

Pastikan bahwa meski terlihat sibuk dengan banyak pasien, masing-masing pasien tertangani dengan baik dengan tempat menunggu yang cukup nyaman. Lihat apakah kehadiran Anda mendapat salam, sambutan dan pelayanan yang semestinyakah dari staf klinik. Mereka harusnya bersikap sopan dan menyenangkan. Karena toh Anda akan banyak bekerja sama dengan mereka sepanjang masa terapi.

Beberapa tempat akan mempersilakan Anda untuk melihat-lihat apa saja pelayanan yang mereka miliki. Pastikan fasilitas itu bersih dengan peralatan yang lengkap. Lihat dan bandingkan fasilitas yang mereka miliki antara yang diperuntukkan untuk umum dan fasilitas yang sifatnya pribadi.

KEDEKATAN PASIEN DAN TERAPIS

Kedekatan pasien dan terapis. Jika Anda memiki rekan dekat atau kerabat yang adalah juga seorang terapis fisik akan lebih baik lagi. Intinya adalah Anda bisa dengan akrab membicarakan keluhan dan latihan yang akan Anda jalani dengan nyaman. Banyak pasien yang menyatakan cukup puas dengan layanan terapis fisik jika terapis bisa bersikap layaknya sahabat. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *