radiofrekuensi ablasi tuntaskan nyeri leher

Radiofrekuensi Ablasi Adalah Teknologi Terkini Atasi Nyeri

Radiofrekuensi ablasi adalah teknologi terkini untuk mengatasi nyeri.

RFA terbukti dapat memblok atau memutus sinyal nyeri yang berasal dari berbagai lokasi pada tubuh, misalnya tulang belakang, lutut, bahu bahkan dari wajah.

Radiofrekuensi ablasi menggunakan gelombang radio yang akan menghasilkan panas agar dapat digunakan pada jaringan tertentu, dalam hal ini adalah jaringan saraf.

Radiofrekuensi ablasi dapat dianggap sebagai teknologi pereda nyeri jangka panjang dibandingkan dengan injeksi yang memblok saraf atau injeksi lainnya.

 

Manfaat Radiofrekuensi Ablasi Adalah

radiofrekuensi ablasi tuntaskan nyeri trigeminal neuralgia

radiofrekuensi ablasi atasi nyeri trigeminal neuralgia

RFA dapat membantu mengatasi beberapa kondisi berikut:

1.Nyeri wajah sebelah (trigeminal neuralgia). Nyeri trigeminal neuralgia disebabkan oleh persentuhan saraf trigeminal dengan pembuluh darah yang menekan pada saraf tersebut karena posisi pembuluh darah tersebut berdekatan dengan saraf trigeminal.

Tekanan berulang dalam waktu lama kemungkinan dapat menimbulkan arus listrik yang dirasakan sebagai nyeri kesetrum atau ditusuk-tusuk, dan timbul hanya di salah satu sisi wajah saja. Nyeri ini dapat timbul saat menggosok gigi, mencuci wajah, bahkan saat wajah terkena angin.

2.Nyeri lutut yang diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti cedera, peradangan, pengapuran akibat usia, dapat diatasi dengan RFA dengan cara genicular nerve block dan genicular nerve ablation. Terapi ini semakin banyak dilakukan karena bisa mengurangi nyeri lutut tanpa perlu operasi, dilakukan secara rawat jalan, efek samping minimal dan dapat kembali beraktivitas.

3.Nyeri pada leher dan bahu. RFA di area ini sama dengan di area lain dengan menggunakan gelombang radiofrekuensi ditargetkan pada saraf di leher dan bahu agar tidak dapat menghantarkan nyeri.

4.Nyeri sendi facet diakibatkan oleh berbagai gerakan aktivitas harian, misalnya membungkuk, memutar pinggang, berdiri terlalu lama yang dapat membebani sendi ini yang ada di antarruas tulang belakang sehingga timbullah nyeri. RFA ini akan memblok serat saraf sehingga tidak dapat menghantarkan nyeri ke otak.

5.Nyeri lain akibat peradangan atau pengapuran, spondilosis (radang sendi tulang belakang akibat proses penuaan) dan lainnya.

Proses Radiofrekuensi Ablasi

Metode RFA ini dikenal juga dengan rizotomi yang merupakan tindakan non-bedah minimal untuk menghentikan transmisi nyeri. Gelombang radifrekuensi ini akan ‘mengikis’ saraf yang menyebabkan nyeri sehingga tidak ada lagi transmisi sinyal nyeri ke otak.

Setelah dilakukan anestesi lokal, arus radiofrekuensi dialirkan ke area saraf yang sudah menjadi target dan saraf ini akan diblok sehingga tidak dapat mengirimkan rasa nyeri atau mengganggu sinyal yang menghasilkan nyeri.

Prosedur ini paling sering digunakan untuk membantu mengatasi nyeri dan kondisi kronis seperti radang sendi tulang belakang (spondilosis) dan sakroilitis. Begitu pula dapat menjadi opsi mengatasi nyeri pada leher, punggung, lutut, panggul dan saraf perifer.

Manfaat radiofrekuensi ablasi meliputi:

  • Menjadi opsi selain tindakan bedah,
  • Menghilangkan nyeri secara langsung,
  • Waktu pemulihan cepat
  • Mengurangi kebutuhan akan obat pereda nyeri
  • Meningkatkan fungsi sendi lebih cepat
  • Dapat kembali beraktivitas lebih cepat

RFA ini menjadi pilihan lain untuk mengatasi nyeri bila opsi bedah tidak dapat dilakukan karena beberapa faktor misalnya usia lanjut dan lainnya.

Seberapa besar rasa nyeri yang hilang pasca-RFA bervariasi.  Diperkirakan sekitar 3 minggu dapat terasa dampaknya.

RFA ini dapat membantu mengusir nyeri hingga 6 bulan sampai 1 tahun atau bahkan lebih lama. Biasanya RFA ini perlu diulang.

Persiapan RFA

  • Mengatur waktu sesuai kenyamanan sehingga dapat diantar oleh kerabat
  • Informasikan kepada dokter mengenai obat-obatan yang Anda tengah konsumsi, misalnya obat antidiabetes, antinyeri
  • Tidak mengenakan perhiasan
  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan yang mudah dilepas dan dipakai kembali

Setelah mengalami nyeri yang berat dalam waktu lama, Anda pun jadi mengurangi aktivitas sehingga otot menjadi sedikit melemah. Itu sebabnya perlu program latihan fisik atau rehabilitasi medik untuk membantu membangun kekuatan otot dan kebugaran fisik secara bertahap.

Lamina Rehab Pain Rehabilitation memiliki beberapa pakar rehabilitasi medik yang dapat membantu Anda mengatasi nyeri. Selain itu, kami juga memiliki berbagai teknologi terkini untuk membantu Anda mengatasi nyeri sehingga Anda dapat kembali beraktivitas tanpa nyeri.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34B Kel. Kalibata, Kec. Pancoran Jakarta Selatan, 12740

Lamina Call Now

Call Now

021 7919 6999

Lamina Email Now

Email Now

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini