kelainan tulang belakang skoliosis

KELAINAN TULANG BELAKANG YANG BANYAK DI INDONESIA

Berbagai kelainan tulang belakang dan pencegahannya. Tulang belakang adalah bagian tubuh manusia yang sangat vital. Tulang belakang terdiri dari tulang-tulang kecil yang bertumpuk satu dengan yang lain dalam sebuah cakram. Tulang belakang normal berbentuk lurus ke belakang.

Kelainan tulang belakang terjadi saat kelengkungan tulang tersebut tidak selaras atau melengkung ke arah tertentu. Hal ini biasa disebut gangguan kelengkungan tulang belakang.

Kelainan tersebut dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada anak dan remaja. Orang dengan usia lanjut juga berpotensi mengalami gangguan ini.

Terdapat 3 jenis kelainan pada tulang belakang, yaitu:

  1. Lordosis
  2. Skoliosis
  3. Kifosis

Ketiganya menggambarkan kelengkungan tulang belakang yang tidak normal. Meski sama-sama memengaruhi tulang belakang, ketiganya merupakan kondisi yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu kelainan tersebut dengan singkat dan lengkap.

kelainan tulang belakang

kelainan tulang belakang

Kelainan Tulang Belakang Lordosis

Lordosis adalah bentuk kelainan tulang belakang bawah melengkung ke arah depan. Hal ini menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga penderitanya  merasakan sakit nyeri otot.

Cara termudah untuk memeriksa kondisi ini adalah dengan berbaring di permukaan yang rata. Orang dengan lordosis akan memperlihatkan ruang kosong antara punggungnya dengan lantai. Serta dari penampilan perut dan bokongnya akan menonjol.

Lordosis dapat disebabkan oleh obesitas, kelainan tulang, osteoporosis, dsb. Lordosis sering kali muncul pada masa kanak-kanak disebabkan pinggul anak lemah atau menegang, akan tetapi biasanya akan hilang seiring pertumbuhan.

Selain itu lordosis juga biasa dialami oleh wanita hamil. Lordosis pada masa kehamilan adalah penyesuaian tulang punggung untuk mengimbangi tubuh terhadap gravitasi.

Kebanyakan kasus lordosis dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi bila lengkungannya terlampau parah dan menyebabkan nyeri, dokter akan memberikan penangan berupa terapi obat, fisioterapi, program diet, atau operasi.

Kelainan Tulang Belakang Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi dimana tulang belakang melengkung ke samping dengan tidak normal. Lengkungan akibat skoliosis ini berbentuk huruf S atau C. kelainan ini dapat dikenali dengan bahu atau pinggul yang tidak seimbang.

80% penyakit skoliosis tidak diketahui penyebabnya. Sisanya dapat disebabkan oleh infeksi, kelainan otot saraf, genetik, atau distrofi otot.

Pengobatan bagi penderita skoliosis dapat berupa observasi rutin, penggunaan penyanggah punggung, atau pembedahan.

 

Kelainan Tulang Belakang Kifosis

Adalah kondisi dimana terjadi pelengkungan yang sangat berlebihan pada punggung atas. Hal ini menyebabkan penderita kifosis memiliki postur tubuh membungkuk.

Kifosis terjadi pada usia yang relatif umum, yaitu usia muda maupun tua. Akan tetapi kifosis sering ditemukan pada wanita usia tua. Kifosis paling mungkin terjadi pada orang-orang yang sering menggunakan posisi yang buruk, seperti bekerja di depan komputer atau mengangkat beban berat di punggung.

Selain posisi yang buruk, ada banyak faktor yang menyebabkan kifosis, diantaranya adalah osteoporosis, radang sendi, infeksi, tumor, atau bisa jadi bawaan dari lahir.

Penanganan kifosis tidak berbeda dengan penanganan lordosis. Jika kifosis disebabkan oleh postur tubuh yang buruk, akan disarankan fisioterapi dan penyangga punggung. Dan jika disebabkan oleh kelainan, akan diobati dengan obat penghilang rasa sakit dan pembedahan.

 

5 tips mencegah penyakit-penyakit punggung

Penyakit-penyakit tersebut biasa disebabkan oleh aktifitas-aktifitas kecil yang kita lakukan setiap hari. Akan tetapi jauh lebih baik jika kita mencegah dan menghindari hal-hal yang memicunya dari pada mengobati penyakitnya.

Berikut 5 tips sehat mencegah sakit punggung:

  1. Olahraga rutin

Tidak hanya mencegah penyakit-penyakit tulang belakang, olah raga mencegah anda dari berbagai macam penyakit lainnya. Olahraga juga akan menjaga berat tubuh anda sehingga anda terhindar dari obesitas, sebab obesitas seringkali menjadi penyebab terjadinya ketegangan pada otot-otot punggung, sehingga muncullah salah satu dari penyakit-penyakit di atas.

Olahraga yang paling disarakan untuk mencegah penyakit punggung adalah yoga atau pilates.

  1. Pola makan sehat

Asupan yang anda konsumsi sehari-hari sangat memengaruhi tulang punggung anda. Pola makan yang sehat juga dapat menjaga berat badan anda tetap stabil.

makanan sehat untuk tulang belakang

makanan sehat untuk tulang belakang

  1. Memperbaiki postur tubuh

Perbaikan postur tubuh sangat berpengaruh sebagai upaya mencegah nyeri punggung. Kesehatan tulang belakang anda ditentukan dari posisi anda berbaring, duduk, dan berdiri.

Contoh hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki postur tubuh adalah memastikan alas tidur anda cukup tebal agar punggung anda tetap lurus. Dan pastikan bantal anda tidak terlalu tinggi agar leher anda tidak tertekuk saat tidur.

Contoh lainnya adalah jika anda banyak menghabiskan waktu di depan komputer, pastikan layer komputer anda sejajar dengan pandangan mata agar leher anda tidak menegang. Ingatlah untuk mengubah posisi duduk anda dengan teratur, minimal setengah jam sekali.

posisi duduk yang buruk untuk tulang belakang

posisi duduk yang buruk untuk tulang belakang

  1. Hati-hati saat mengangkat beban

Banyak kasus orang terkena sakit punggung disebabkan memaksa mengangkat barang yang terlalu berat tanpa bantuan.

Jika anda hendak mengangkat barang, mulailah dengan postur yang tepat. Mengangkat barang dengan membungkuk dan kaki diluruskan dapat membahayakan tulang punggung anda. Selain itu utamakan mendorong barang daripada menariknya.

  1. Berhenti merokok

Banyak orang tidak sadar bahwa rokok bisa jadi penyebab sakit punggung semakin menjadi-jadi. Sebab rokok mempersempit pembuluh darah, yang membuat oksigen ke tulang belakang berkurang. Jadilah perokok akan mudah merasakan nyeri punggung.

 

 

 

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34B Kel. Kalibata, Kec. Pancoran Jakarta Selatan, 12740

Lamina Call Now

Call Now

021 7919 6999

Lamina Email Now

Email Now

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini