rehabilitasi medik adalah

Apa itu Rehabilitasi Medis? Rehabilitasi medis adalah

Rehabilitasi medis adalah sebuah proses untuk membantu para penderita penyakit serius/cacat yang perlu pengobatan medis untuk kembali mencapai kemampuan fisik psikologis dan sosial maksimal.

Ada juga yang menjelaskan bahwa rehabilitasi adalah program yang dijalankan untuk membantu memulihkan orang yang memiliki penyakit kronis, baik fisik ataupun psikologisnya.

Tidak hanya memerlukan tindakan medis khusus, gangguan fisik dan psikiatrik juga membutuhkan sikap simpatik, sehingga dokter harus melakukan pendekatan kepada pasien untuk mengatasi gangguan fisik dan psikiatriknya, juga menyadari potensi maksimal mereka secara fisik, psikiatrik, dan dunia social yang nyata.

Nah, pendekatan inilah yang semakin dikenal dan membuat rehabilitasi menjadi bidang khusus yang terpisah di banyak rumah sakit, termasuk di klinik Lamina.

Penderita/pasien yang masuk pusat rehabilitasi biasanya merasa rendah diri atau kekurangan pandangan positif terhadap kehidupan, oleh sebab itu psikologi dalam rehabilitasi medik memiliki peranan yang sangat besar dalam proses pemulihan.

Metode penanganan pada tiap pasien rehabilitasi medis tentunya berbeda satu dengan yang lain.

Setiap pasien memiliki keluhan khusus sehingga memerlukan pengobatan dan terapi yang berbeda-beda.

Tim rehabilitasi medis yang menangani seorang pasien dengan cedera pinggul, pastinya akan berbeda dengan pasien yang mengalami cedera lengan.

 

Dokter Rehabilitasi Medis Adalah

Dokter rehabilitasi medis bukan dokter biasa.

Dokter rehabilitasi medis adalah dokter spesialis yang memiliki tugas mengembalikan fungsi tubuh pasien yang mengidap gangguan fungsi tubuh/kecacatan.

Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh kecelakaan, cedera, ataupun penyakit.

Dengan bantuan dokter rehabilitasi medis, diharapkan pasien dapat kembali ke kondisi fisik dan psikis yang lebih baik.

Dokter spesialis yang menangani rehabilitasi medik mendapatkan gelar Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR).

Seperti salah satu dokter di klinik Lamina, yaitu Dr. Ibrahim Agung, SpKFR.

Dokter rehabilitasi medik diharapkan bisa memberikan perawatan kepada pasien/penderita berdasarkan riwayat kesehatan yang dimiliki.

 

Ragam Kondisi Yang Perlu Rehabilitasi Medis

• Rehabilitasi pada penderita jantung

Rehabilitasi jantung dirancang untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Rehabilitasi ini terutama diperuntukkan bagi orang yang pernah mengalami serangan jantung.

• Rehabilitasi pada penderita stroke

Rehabilitasi stroke bagi pengidap stroke sangat penting dalam memulihkan kemampuan serta kekuatan gerak tubuh dan meningkatkan kualitas hidup.

• Rehabilitasi pada penderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

PPOK merupakan gabungan 2 penyakit, yaitu bronkitis kronis dan emfisema, yang membuat pengidapnya kesulitan untuk bernapas.

• Rehabilitasi pada penderita HNP

Hernia nucleus pulposus (HNP) adalah penyakit di mana bantalan antara tulang-tulang belakang menjepit saraf di belakangnya, yang biasa disebut dengan istilah saraf kejepit.

Jika pasien masih masih merasakan nyeri setelah mengkonsumsi obat selama 2 pekan, biasanya dokter akan menyarankan fisioterapi.

Tindakan fisioterapi ini dilakukan demi meringankan nyeri punggung yang dirasakan, serta memperbaiki posisi tulang belakang.

Nah, salah satu klinik yang memiliki fisioterapi terbaik di Jakarta adalah Rehab Medik di klinik Lamina yang terdapat di Mampang.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Rehab Medik, silahkan klik disini.

 

Jenis – Jenis Pengobatan Rehabilitasi Medik adalah

1. Terapi okupasi

Terapi okupasi adalah perawatan khusus yang dilakukan dokter rehabilitasi medis demi membantu pasien dengan keterbatasan fisik, mental, dan kognitif. Melalui terapi okupasi, pasien dapat lebih mandiri dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

2. Terapi fisik

Terapi fisik merupakan perawatan yang diberikan dokter rehabilitasi medis yang bertujuan meningkatkan fungsi atau kekuatan otot dan sendi. Dengan melakukan terapi fisik, keterbatasan gerak yang dialami pasien dapat terobati sehingga kemampuan pasien untuk bergerak, berjalan, menaiki tangga, akan jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

3. Terapi bicara

Dokter rehabilitasi medis akan memberikan terapi bicara untuk pasien yang memiliki gangguan bicara dan kesulitan merangkai kata. Pasien yang menderita gagap juga akan disarankan untuk menjalani terapi ini.

4. Rehabilitasi sosial

Rehabilitasi sosial merupakan bagian dari rehabilitasi medis yang membantu pasien agar beradaptasi dengan perubahan yang ia alami, akibat dari penyakit, cedera, maupun kecacatan. Dengan adanya rehabilitasi sosial, pasien dapat kembali berbaur atau bersosialisasi dengan masyarakat dengan lebih percaya diri dan optimis.


Demikian artikel dari kami, semoga bermanfaat.

 

Bagi Anda yang ingin cari tahu tentang klinik Lamina, silahkan klik disini ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lamina

Jl Warung Buncit Raya No.34B Kel. Kalibata, Kec. Pancoran Jakarta Selatan, 12740

Lamina Call Now

Call Now

021 7919 6999

Lamina Email Now

Email Now

marketingklinik@gmail.com

Lamina Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Segera Klik Disini